Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menulis Descriptive Text Bahasa Inggris ~ MBI

Cara Mudah Menulis Descriptive Text Bahasa Inggris - Sedang mempelajari tentang Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Mentor Bahasa Inggris akan coba mengupas mengenai "Cara Mudah Menulis Descriptive Text Bahasa Inggris" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Mentor Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap Cara Mudah Menulis Descriptive Text Bahasa Inggris

Cara Mudah Menulis Descriptive Text Bahasa Inggris – Ada beragam bentuk atau jenis tulisan di dalam bahasa inggris. Setiap jenis tulisan pasti memiliki kesulitan tersendiri ketika kita ingin menuliskannya. Menulis descriptive text bahasa inggris bisa dibilang gampang-gampang susah karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menulis teks deskriptif. Sebelum mulai menulis descriptive text kita seharusnya memahami terlebih dahulu tujuan umum dari jenis teks ini. Tujuan utama dari bentuk tulisan deskriptif adalah untuk membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan hal yang sedang kita bahas di dalam tulisan tersebut. Misalnya, apabila anda ingin menulsikan sebuah text tentang “Rumahku”; maka tulislah segala hal yang dapat menggambarkan rumah anda secara jelas dan detail, mulai dari alamat, bentuk, warna cat, sampai penjelasan mengenai ruangan-ruangan yang ada di dalamnya. Pada intinya, anda harus mampu membuat pembaca seperti melihat langsung rumah anda tersebut.

Inilah Cara Mudah Menulis Descriptive Text Bahasa Inggris

Tentukan topik

Pilihlah topik yang mudah dan dekat dengan kehidupan sehari-hari anda, misalnya keluarga, rumah, komputer, hewan peliharaan, dsb. Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam menjelaskkan setiap bagian dari hal tersebut secara mendetail karena tentu anda sudah pernah melihat, mendengar, ataupun merasakan benda-benda tersbut. Jangan mencoba menuliskan hal-hal yang tidak anda ketahui dengan bai, karena pasti anda akan menemukan kesulitak di dalam menjelaskannya pada tulisan deskriptif yang anda buat.

Pelajari topik tersebut

Bila yang kita bahas adalah benda, tempat, hewan atau orang yang dekat dengan kita tentu kita tidak perlu mempelajarinya lagi. Kita hanya perlu mengingat-ngingat hal apa saja yang bisa dijelaskan dari subject tulisan anda tersebut, misalnya:Untuk orang:
Siapa?
Berapa umurnya?
Berapa tingginya?
Bersekolah/bekerja dimana?
Bagaimana sifatnya?
Bagaimana ciri-ciri fisiknya?
[sc:kodeadsense]
Untuk tempat:
Dimana?
Apa fungsinya?
Bentuk bangunannya seperti apa?
Ada ruangan apa saja di dalamnya?
Untuk benda:
Apa?
Terbuat dari apa?
Apa fungsinya?
Bagaimana cara menggunakannya?
Bagaimana spesifikasinya?
Untuk hewan:
Apa jenisnya?
Berasal dari mana?
Apa makananya?
Bagaimana cara mengurusnya?Itulah kiranya beberapa pertanyaan yang bisa anda jawab di dalam menuliskan teks deskriptif mengenai suatu hal. Dengan menyusun pertanyaan seperti itu, anda akan lebih mudah dalam menentukan hal apa saja yang perlu dijelaskan agar pembaca dapat memperoleh gambaran dan deskripsi yang jelas dari apa yang sedang anda jelaskan di dalam tulisan tersebut.

Menulis

Setelah merasa siap dengan persiapan di atas, maka mulailah menulis. Untuk aturan penulisan descriptive text anda dapat melihat artikel saya mengenai pengertian dan contoh descriptive text di dalam bahasa inggris.Bila ada menerapkan langkah-lagkah di atas saya yakin anda akan mampu menulis descriptive text bahasa inggris dengan lebih baik.
Itulah ulasan tentang Cara Mudah Menulis Descriptive Text Bahasa Inggris yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Harapan kami uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Kami ucapkan terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs mentorbahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Post a Comment for "Cara Mudah Menulis Descriptive Text Bahasa Inggris ~ MBI"