Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Conjunction, Kegunaan, Jenis dan Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris ~ MBI

Pengertian Conjunction, Kegunaan, Jenis dan Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris - Sedang mempelajari tentang Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Mentor Bahasa Inggris akan coba mengupas mengenai "Pengertian Conjunction, Kegunaan, Jenis dan Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Mentor Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap Pengertian Conjunction, Kegunaan, Jenis dan Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian conjunction di dalam bahasa inggris adalah kumpulan kata yang berfungsi menghubungkan dua buah kata, klausa, atau kalimat yang saling berhubungan. Conjunction digunakan untuk membuat susunan kalimat menjadi logis dan tidak rancu. Ada beberapa kategori di dalam bahasa inggris, diantaranya adalah coordinating conjunction, subordinating conjunction, serta correlative conjunction. Masing-masing conjunction tersebut akan saya jelaskan secara singkat di dalam artikel ini.

Coordinating Conjunctions

Jenis conjunction ini seringkali digunakan untuk menghubungkan atau menggabungkan dua buah kata atau frase yang memiliki fungsi yang sama pentingnya di dalam kalimat tersebut.

Coordinating conjunction terdiri dari 7 buah kata, yaitu: for, and, nor, but, or, yet, soon atau disingkat FANBOYS

Contoh kalimat yang menggunakan coordinating conjunction:

I dont want to drink coffee or tea.

Pada kalimat di atas dapat dilihat bahwa conjunction “or” menghubungkan dua hal yang sama penting dan memiliki kesetaraan yaitu kopi dan teh.

Contoh lainnya:

Amir is not yet able to swim.
I bought a pencil, but I lost it.
William asked for a beer.
You will soon get to like him.

[sc:kodeadsense]

Subordinating Conjunctions

Conjunction bentuk ini biasa digunakan untuk menghubungkan induk kalimat (independent clause) dengan anak kalimat (dependent clause). Di mana dependent clause dapat mempengaruhi makna dari main clause. untuk mengetahui lebih jauh mengenai dependent dan independent clause, baca artikel mengenai Pengertian dan Contoh Kalimat Independent dan Dependent Clauses

Subordinating conjunction selalu diletakkan sebelum dependent clause. Contohnya:

Asep has lived in Tangerang since he was a child.
I am hungry because I did not eat breakfast.

Since my father was sick, i couldn’t go to your house.
Because tom is sick, he can’t come.

Dependent clause bisa diletakkan di akhir kalimat ataupun diletakkan di awal. Bila dependent clause diletakkan di awal, maka setelahnya akan diberi tanda koma. Posisi subordinating conjunction tetaplah di awal dependent clause.

Biasanya subordinating conjunction digunakan untuk menjelaskan hubungan sebab-akibat. Seperti pada contoh kalimat diatas, “Because Tom is sick, he can’t come.” Itu menjelaskan bahwa penyebab Tom tidak bisa datang adalah karena ia sakit.

Contoh subordinating conjunction lainnya adalah: before, although, as, once, though, whether, until,  etc.

Correlative Conjunctions

Jenis conjunction ini diginakan di dalam kalimat untuk menggabungkan dua kata atau kelompok kata yang berbeda. Secara umum correlative conjunctions tidak digunakan untuk menghubungkan kalimat. Akan tetapi, lebih digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian kata yang ada di dalam kalimat tersebut.

Contohnya:

Sukamto can speak both English and Spanish very well.

Kalimat dibawah ini merupakan contoh penggunaan correlative conjunction ‘both/and’ di dalam sebuah kalimat. Kita dapat melihat bahwa ‘English’ dan ‘Spanish’ merupakan element yang setara dan sama pentingnya.’both’ melengkapi fungsi dari ‘and’

I’ll either text orphone you tomorrow.

Fungsi conjunction ‘either/or’adalah untuk menunjukkan pilihan diantara dua opsi. Dalam hal ini adalah ‘text or phone’

Just as Billy loves hiking so he enjoys travelling as well.

Correlative conjunction ‘just as/so’ digunakan untuk menghubungkan dua hal dengan tema yang sama atau memiliki kemiripan. Di dalam kalimat tersebut ada dua hal yang memiliki kemiripan yaitu ‘hiking’ dan ‘travelling’ keduanya merupakan aktivitas yang bisa dilakukan saat liburan.

I have neither time nor money for that.

Conjunction ‘neither/nor’menjelaskan 2 hal yang sama-sama menyebabkan sesuatu hal tidak dapat terjadi.

He was not only a bad person, but also cruel.

‘Not only/but also’digunakan untuk memberikan penjelasan tambahan.

I don’t know whether you like her or not.

Correlative conjunction ‘whether/or’digunakan untuk menjelaskan dua pilihan berbeda atau saling bertolak belakang.

Itulah ulasan tentang Pengertian Conjunction, Kegunaan, Jenis dan Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Harapan kami uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Kami ucapkan terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs mentorbahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Post a Comment for "Pengertian Conjunction, Kegunaan, Jenis dan Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris ~ MBI"