3 Langkah Membuat Iklan dalam Bahasa Inggris yang Menarik ~ MBI
Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Mentor Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.
Uraian Lengkap 3 Langkah Membuat Iklan dalam Bahasa Inggris yang Menarik
3 Langkah Membuat Iklan dalam Bahasa Inggris yang Menarik – Membuat iklan dalam bahasa inggris dapat dilakukan melalui 3 langkah yang berikut agar iklan yang dibuat menarik, komunikatif, dan tepat sasaran. Ketiganya yaitu melakukan research, develop a concept, dan write. Di Di bawah ini uraian lengkapnya:
1. Lakukan Research
Kenali Produk
Kenali produk yang akan diiklankan seperti manfaat, bahan dasar, dan alamat perusahaan. Dengan mengenali produk yang akan diiklankan, Anda bisa menciptakan konsep yang sesuai dengan produk yang akan diiklankan.
Kenali konsumen
Sebelum membuat iklan, ketahuilah dahulu siapa yang menjadi sasaran iklan produk yang akan dibuat. Hal ini sangat penting dilakukan agar iklan menjadi tepat sasaran. Jika target sasaran iklan tersebut adalah anak-anak, maka gunakanlah vocabulary umum yang sering digunakan dan usahakanlah untuk menghindari complex sentence atau compound sentence. Lebih baik menggunakan simple sentence agar mereka mudah untuk mengerti iklan yang dibuat.
2. Develop a Concept
Setelah semua data hasil research terkumpul, mulailah mengembangkan concept yang akan dibuat dalam iklan. Pikirkanlah konsep tersebut dan bagaimana cara penyampaian iklan kepada para calon pembeli potensial agar menarik perhatian mereka. Ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam langkah ini yaitu membuat headline dan memberikan gambar yang menarik dan sesuai.
a. Buat Headline
Headline berfungsi untuk menarik perhatian konsumen. Buatlah sedramatis mungkin dan menyakinkan dengan beberapa vocabulary dan simple sentence. Headline yang bagus menjanjikan sesuatu yang diinginkan oleh pembacanya. Hal ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu positive approach and negative approach.
Positive approach
Headline jenis ini memberitahu pembacanya apa yang akan konsumen dapatkan atau rasakan dengan menggunakan produk yang diiklankan.
Contoh: “Yes. You Absolutely Can be Healthy with This New Supplement!”
Negative approach
Headline jenis ini memberitahu pembacanya apa yang bisa mereka hindari dari pemakaian produk.
Contoh: “Are you sure your Shampoo is good?”
Dengan menggunakan Headline-headline yang menarik produk akan mudah dikenali oleh konsumen.
b. Berilah gambar yang relevan dengan produk
Headline yang sudah dibuat dan gambar yang akan ditampilkan harus sesuai dan saling menguatkan. Berikan gambar yang sesuai dengan produk yang akan anda iklankan. Contohnya adalah jika produk yang akan diiklankan adalah shampoo berilah gambar wanita dengan rambut dan shampoo. Anda juga bisa melebih-lebihkan gambar tersebut misalnya gambar rambut wanita yang kuat menarik mobil.
c. Ciptakan Jargon yang menarik
Agar Produk mudah diingat, ciptakan jargon yang mudah diingat. Usahakan berbentuk Phrase atau kalimat yang pendek.
Contoh:
Sport Shoes: Wear, Kick and Win
English Course: Guarantee your future
Share your money, Share the happiness
Put of your blanket and go outside!
Leave your old shoes with the new one!
[sc:kodeadsense]
3. Write
Setelah Anda memiliki konsep berupa headline dan gambar yang akan ditampilkan, mulailah menulis sesuai dengan konsep yang telah dibuat. Gunakanlah kata-kata yang cukup menarik dan mudah diingat oleh konsumen. Ada 3 bagian utama yang harus ada dalam sebuah iklan yaitu, bagian perkenalan produk, isi produk, dan penutup.
a. Bagian perkenalan
Bagian ini adalah bagian dimana Anda harus memperkenalkan kepada para konsumen dengan mengembangkan headline-headline yang telah dibuat contoh:
Are you sure your shampoo is good?
Probably not!
Leave your old shampoo and use the newest and the best shampoo in the world. It is Modern Shampoo.
A shampoo…….
Ingat gunakanlah vocabulary yang umum dan mudah diingat dan jangan lupa disesaikan dengan target atau calon konsumen produk.
b. Bagian isi
Pada bagian ini Anda harus memberikan detail produk yang akan diiklankan. Informasikan tentang manfaat, bahan, atau kesaksian pelanggan mengenai produk pada bagian isi ini. Tapi ingat Anda harus menulisnya dengan sesingkat mungkin namum mengcover semua isi produk tersebut.
Contoh:
Using this shampoo will make your hair strong and shiny because it is made of natural composition because it is made of………
c. Penutup
Bagian penutup memerlukan kalimat-kalimat yang bisa mendorong pembacanya untuk membeli produk tersebut. Gunakanlah kata-kata persusaif sehinga konsumen tertarik dan mau membeli.
Contoh kaliamat kalimat persuasive yang bisa digunakan:
Hurry up!
Come on Grab this Product!
Don’t miss it! Let’s go!
What are you waiting for!
Jangan lupa mencantumkan alamat atau cara membeli produk Anda.
Contoh:
Available at Megamall superstore
Come and visit me in glory store!
Available in shops at your city
Post a Comment for "3 Langkah Membuat Iklan dalam Bahasa Inggris yang Menarik ~ MBI"