Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak ~ MBI

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak - Sedang mempelajari tentang Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Mentor Bahasa Inggris akan coba mengupas mengenai "5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Mentor Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak – Bagaimana cara belajar bahasa Inggris secara otodidak? Baca 5 Tips berikut ini. 🙂

Persiapan

Sebelum Anda mulai belajar bahasa Inggris secara otodidiak ada baiknya lakukan persiapan-persiapan yang penting agar bisa mempermudah belajar. Berikut adalah hal-hal yang harus dipersiapkan.

Niat

Yang pertama adalah, carilah alasan yang kuat mengapa harus belajar bahasa inggris. Misalkan untuk menunjang karir, untuk berwisata keluar negeri, atau untuk beasiswa. Jika sudah menemukannya, dijamin akan semangat dan konsisten dalam belajar.

Jadwal yang jelas

Buatlah jadwal yang jelas kapan harus belajar dan apa yang harus dipelajari. Dengan membuat itu semua, maka kegiatan belajar Anda menjadi terstruktur. Kelebihan belajar secara otodidak, adalah Anda bisa menyesuaikan jadwal dengan waktu Anda sendiri.

Sumber belajar

Meskipun belajar secara otodidak, Anda juga harus memiliki panduan untuk belajar. Namun, panduan tersebut adalah buku-buku materi pembelajaran bahasa Inggris. Belilah buku-buku tentang grammar, conversation, dan lain-lain. Lebih bagus lagi jika Anda membeli buku yang dilengkapi dengan audio lesson. Dengan banyak memahami sekaligus mendengarkan materi tersebut, Anda bisa belajar sekaligus melatih listening.

Kamus

Kamus merupakan senjata utama yang wajib dimiliki untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak. Anda dapat memperbanyak kosakata dengan mempelajari kata-kata dan pola kalimat sederhana dalam bahasa Inggris melalui kamus kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Instal aplikasi

Buat Anda yang memiliki Android, maka manfaatkanlah. Instal berbagai macam aplikasi yang membantu belajar bahasa Inggris. Tidak usah khawatir untuk membayar, download saja secara gratis di Google Play Store.

[sc:kodeadsense]

Manfaatkan Media

Pintar-pintarlah memanfaatkan media yang ada karena belajar secara otodidak tidaklah menggunakan guru. Namun, Andalah yang menjadi guru bagi diri sendiri. Anda bisa memanfaatkan media-media yang ada untuk membantu belajar. Berikut adalah media yang bisa dimanfaatkan:

Internet

Selain melalui buku-buku bahasa inggris. Gunakanlah sumber lain yang banyak tersedia di internet. Selain gratis, Anda juga dapat menemukan banyak materi yang diinginkan. Sekarang ini, telah banyak website-website dan blog yang menyediakan berbagai materi yang bisa diakses kapanpun juga.

Lagu bahasa inggris

Gunakan lagu untuk melatih kemampuan listening dan memperbanyak kosa kata. Carilah lagu bahasa inggris yang Anda sukai, pahami liriknya dengan mentranslatenya ke dalam bahasa Inggris, kemudian nyanyikan sambil menghafalnya setiap hari. Misalkan dengan satu lagu saja Anda bisa mendapat 50 vocabulary baru, lalu bagaimana dengan 10 lagu? Luar biasa bukan?

Film

Film juga bisa membantu Anda belajar. Tontonlah film-film bahasa inggris, dan pada mulanya, Anda boleh menggunakan subtitile serta fokus pada apa kalimat-kalimat yang diucapkan oleh pemainnya. Kalau tidak mengerti, tulislah di kertas kalimat atau frase tersebut di kertas dan pelajarilah. Setelah lumayan mahir, hilangkan subtitle dan fokus pada listening. Jika masih menemukan kesulitan, Anda bisa menebak apa yang dikatakan oleh pemainnya dengan melihat konteks yang terjadi di film.

Dialog Percakapan

Belajar percakapan melalui dialog dapat membantu Anda memahami kalimat kalimat bahasa inggris sehari hari. Buatlah percakapan dengan berbagai situsai dan konteks, kemudian translate kedalam bahasa inggris, dan praktekanlah. Semakin Anda banyak mempraktekannya, semakin Anda familiar dengan kalimat-kalimat sehari-hari dalam berbagi konteks di bahasa inggris.

Belajar giat

Salah satu kelebihan belajar bahasa inggris secara otodidak adalah Anda bisa belajar kapanpun Anda mau. Anda bisa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari, misalnya Anda ingin belajar tenses, maka yang difokuskan adalah tenses . Namun Jangan terlalu lama berfokus kepada satu materi saja. Kembangkan pengetahuan dengan banyak belajar.

Praktik Rutin

Setelah mengetahui teori-teorinya, praktikanlah secara rutin. Sebenarnya belajar bahasa bukan belajar tentang bahasa itu melainkan bagaimana kita menggunakannya. Teruslah berlatih berbicara menggunakan bahasa inggris dengan teman Anda. Kuncinya adalah Anda harus percaya diri dan konsisten dalam mempraktekkan apa yang sudah dipelajari.

Latihan

Assessment sangat penting untuk dilakukan, Anda bisa mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan atau apa yang menjadi kelemahan Anda. Tentunya bagi Anda yang belajar secara otodidak. Latihan juga bukan di test oleh guru. Namun, ajaklah teman Anda yang pintar berbahasa inggris untuk berbicara atau melakukan English skill lainnya.

Itulah ulasan tentang 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Harapan kami uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Kami ucapkan terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs mentorbahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Post a Comment for "5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak ~ MBI"