Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Belajar Vocabulary Bahasa Inggris dan Artinya yang Baik dan Benar ~ MBI

10 Cara Belajar Vocabulary Bahasa Inggris dan Artinya yang Baik dan Benar - Sedang mempelajari tentang Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Mentor Bahasa Inggris akan coba mengupas mengenai "10 Cara Belajar Vocabulary Bahasa Inggris dan Artinya yang Baik dan Benar" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Mentor Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap 10 Cara Belajar Vocabulary Bahasa Inggris dan Artinya yang Baik dan Benar

Bagaimanakah cara belajar vocabulary bahasa inggris yang baik dan benar, untuk menambah penguasaan kosa kata bahasa inggris anda? Tentunya dibutuhkan strategi tersendiri untuk meraihnya, seperti kita ketahui bahwa setidaknya ada 250.000 kosa kata bahasa inggris yang terangkum di dalam kamus oxford. Itu pun tanpa memasukkan kosa kata slang ke dalamnya. Namun, untuk mahir berbahasa inggris tentu kita tidak harus menghafal keseluruhan kosa kata tersebut, saya jamin anda tidak akan mampu melakukannya. Kalaupun mampu, pasti membutuhkan waktu yang sangat lama. Oleh karenanya, dibutuhkan langkah-langkah mendasar yang harus diterapkan secara rutin agar kita bisa menguasai setidaknya 1.000-5.000 kosa kata bahasa inggris agar lancar berbicara menggunakan bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari. Tipe berikut ini saya terjemahkan dari sebuah situs bahasa inggris www.englishleap.com di mana ada 10 tips untuk meningkatkan penguasaan vocabulary anda:

Rajinlah membaca koran berbahasa inggris setiap hari

Membaca artikel atau tulisan berita dalam bahasa inggris yang ada di koran dapat membantu anda untuk mempelajari banyak kosa kata baru. Bagian editorial merupakan salah satu tulisan yang paling disarankan untuk dibaca karena biasanya mengandung kosa-kata yang cukup sulit. Disamping itu, anda dapat mempelajari susunan tulisan tersebut untuk meningkatkan kemampuan writing anda.

Membaca buku bahasa inggris setiap seminggu sekali

Tidak bisa dipungkiri bahwa orang yang banyak membaca akan memiliki kosa-kata yang lebih banyak. Begitu juga dengan bahasa inggris, apabila setiap minggu anda menyempatkan waktu untu membaca sebuah buku bahasa inggris, tentu secara perlahan anda bisa menguasai kosa-kata atau vocabulary baru. Selain itu, di dalam buku/novel biasanya berisi percakapan-percakapan bahasa inggris sehari-hari yang bisa menjadi referensi bagi anda untuk belajar speaking.

Menonton film atau program tv bahasa inggris

Manfaat terbaik yang dapat anda ambil ketika menonton film atau acar tv yang menggunakan bahasa inggris adalah anda dapat mempelajari bagaimana sebuah kata itu diucapkan dengan pronunciation yang tepat.

Vocabulary cards

Vocabulary card dapat anda beli di toko-toko buku atau supermarket. Vocabulary cards biasa digunakan oleh para siswa disekolah untuk mempelajari sejumlah vocabulary secara cepat. Biasanya vocabulary card dibuat dalam satu kategori misalnya buah-buahan, pekerjaan, sayuran, dsb. Sehingga dapat membantu anda untuk mempelajari vocabulaty bahasa inggris di dalam satu kategori secara fokus.

Gunakan internet

Karena internet adalah sebuah media yang dapat diakses diseluruh dunia, maka kebanyakan bahas yang digunakan di internet adalah bahasa inggris. Menggunakan internet dapat membantu anda membiasakan diri dengan kosa-kata bahasa inggris. Selain itu, and dapat dengan mudah menerjemahkan suatu kata baru apabila anda menemukannya di internet. Di sisi lain, internet merupakan sumber dari berbagai jens materi pelajaran bahasa inggris yang bisa anda akses dengan mudah guna meningkatkan kemampuan berbahasa inggris anda.

[sc:kodeadsense]

Belajar pronunciation

Selain belajar menghafal kata, sebaiknya anda juga mempelajari bagaimana cara mengucapkannya. Percuma saja bila anda menguasai banyak kosa-kata namun ketika mengucapkannya ternyata anda melakukan kesalahan. Tentu akan terjadi kejanggalan atau bahkan perubahan makna. Di dalam kamus bahasa inggris biasnaya disertakan cara melafalkan sebuah kata dalam bahasa inggris, anda dapat mempelajarinya dari situ.

Belajarlah dalam kelompok

Bila anda memiliki teman yang juga ingin belajar bahasa inggris, ajaklah ia untuk belajar bersama. Selain dapat bertukar ide dan pengetahuan, teman dapat menjadi tempat yang tepat untuk melatih kemampuan anda berbicara dalam bahasa inggris. Selain itu, teman juga dapat menjadi orang yang dapat mengoreksi kita bila melakukan kesalahan ketika mengucapkan sebuah kata atau kalimat dalam bahasa inggris.

Pelajari kata dasar (root words)

Mempelajari kata dasar dapat memudahkan anda untuk mempelajari perubahan dari kata tersebut. Misalnya, ketika anda mempelajari kata dasar ‘improve’ maka anda dapat menebak arti kata dari ‘improvement’ atau ‘improvisation’ sehingga anda dapat memahami beberapa kata sekaligus.

Terus berlatih dan melakukan evaluasi

Cara terbaik belajar kosa kata bahasa inggris adalah dengan menggunakannya langsung kedalam percakapan sehai-hari. Misalnya ketika anda baru menmpelajari sebuah kosa-kata baru. Cobalah untuk menggunakan kosa-kata itu di dalam percakapan selama seminggu. Tujuannya adlaha untuk membuat memori otak and terbiasa dengan kosa-kata tersebut. Evaluasi juga diperlukan untuk mengecek apakah ada kesalahan dalam pengucapan. Sebaiknya anda juga mencatat vocabulary apa saja yang telah anda pelajari dalam satu minggu agar anda dapat melihatnya kembali bila suatu saat anda lupa.

Demikianlah tips yang bisa saya sampaikan mengenai cara belajar vocabulary bahasa inggris dan artinya yang baik dan benarbila anda mempraktekkan setiap langkah yang diberikan dengan konsisten, saya yakin anda dapat menguasai banyak kosa-kata bahasa inggris serta mahir dalam menggunakannya.

Itulah ulasan tentang 10 Cara Belajar Vocabulary Bahasa Inggris dan Artinya yang Baik dan Benar yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Harapan kami uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Kami ucapkan terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs mentorbahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Post a Comment for "10 Cara Belajar Vocabulary Bahasa Inggris dan Artinya yang Baik dan Benar ~ MBI"