Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Gambar Peta Kota ~ MBI

Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Gambar Peta Kota - Sedang mempelajari tentang Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Mentor Bahasa Inggris akan coba mengupas mengenai "Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Gambar Peta Kota" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Mentor Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Gambar Peta Kota

Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Peta Kota – Mengajar bahasa Inggris tentulah harus kreatif, semua itu dilakukan agar siswa tidak bosan dan terus ingin menggali apa yang ada di dalam bahasa internasional tersebut. Nah, salah satu media pembelajaran bahasa Inggris adalah menggunakan peta kota atau map town. Di bawah ini ada penjelasan bagaimana menggunakannya, dan sebuah games yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan ketertarikan tambahan kepada siswa.

Media Pembelajaran Bahasa Inggris SMP

Media yang digunakan : Peta Kota (Town Map)
Tujuan Pembelajaran : Untuk melatih Speaking, Vocabulary dan belajar Preposition of place

Prosedur :

1. Guru Menggantung Gambar Peta Kota di depan Kelas.

2. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta untuk mengidentifikasikan nama-nama tempat atau bangunan yang ada di dalam peta dalam bahasa Inggris. Contohnya: taman kota = City Park, Kantor Post= Post Office, Stasiun= Station. Kegiatan yang pertama ini akan membantu siswa menambah Vocabulary mereka tentang tempat dan bangunan yang biasa mereka temui sehari-hari di kota. Setelah selesai mengidentifikasikan semua tempat dan bangunan yang ada di dalam peta. Setiap perwakilan kelompok dengan bantuan guru diminta untuk maju ke depan kelas dan melafalkan nama tempat atau bangunan dalam bahasa inggris dengan cara menunjukannya di dalam peta.

[sc:kodeadsense]

3. Setelah mengetahui semua nama tempat dan bangunan dalam bahasa inggris. Siswa belajar mengenai preposition yang berkaitan dengan letak suatu bangunan atau tempat dalam peta. Pertama guru memberikan penjelasan-penjelasan mengenai preposition of place kepada siswa beserta contohnya.

Contoh :

1. On = on Sudirman street
2. At = at National Bank
3. Beside = beside bookstore
4. Near = near station
5. Next to = next to post office
6. Along = along Sudirman street
7. Between = between police office and mall
8. Behind = behind supermarket
9. In the middle of = in the middle of Sudirman street
10. Away from = away from city park

Setelah siswa belajar mengenai prepotition of place, mereka di minta untuk mengidentifikasikan semua letak tempat atau bangunan yang ada di dalam peta bersama kelomponya dibantu oleh guru. Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Guru juga bisa mengadakan sebuah game atau permainan di dalam sesi ini. Game tersebut adalah “where is the place?”. Caranya, guru menanyakan letak tempat atau bangunan di dalam peta kemudian setiap kelompok berebut menjawab pertanyaan dari guru tersebut. Kelompok yang paling banyak menjawab dan benar keluar sebagai pemenang.

4. Setelah belajar vocabulary dan Preposition of place dengan baik. Siswa kemudian berlatih speaking skill dengan bermain peran atau melakukan percakapan di depan kelas. Pertama guru memberikan contoh percakapan tentang “asking and giving for direction” seperti contoh berikut :

A: excuse me, could you tell me where the post office is ?
B: sure, the post office is on Sudirman Street near the city park
A: thank you!
B: you are welcome

Setelah diberikan contoh, siswa diminta untuk memperagakan percakapan asking and giving for direction di depan kelas berpasangan dengan teman sebangkunya. Guru meminta siswa berperan sebagai penduduk kota dan orang asing yang tersesat. Dengan melakukan role play atau percakapan yang akan membantu siswa melatih speaking skill mereka.

Tips untuk guru:

Guru dianjurkan untuk menggunakan peta yang lengkap dan berukuran besar sehingga memudahkan siswanya dalam belajar. Guru berperan sebagai pendamping dalam penggunaan media ini. Sedangkan, siswalah yang harus berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Guru harus mengikuti langkah-langkah kegiatan pembelajaran seperti yang telah disebutkan di atas dan jangan mengacak langkah tersebut karena akan menimbulkan kebingungan bagi siswa.

Itulah ulasan tentang Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Gambar Peta Kota yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Harapan kami uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Kami ucapkan terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs mentorbahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Post a Comment for "Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Gambar Peta Kota ~ MBI"