Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sedang Mengajar, atau Sedang Dikejar Anjing? ~ MBI

Sedang Mengajar, atau Sedang Dikejar Anjing? - Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan oleh seluruh orang didunia, itu sebabnya bahasa inggris dijadikan sebagai bahasa internasional. Belajar bahasa inggris bisa dibilang adalah hal yang cukup penting, baik untuk para siswa atau pun untuk masyarakat umum. Nah situs Mentor Bahasa Inggris (MBI) adalah salah satu media pembelajaran bahasa inggris online yang bisa diakses secara gratis untuk siapapun yang ingin mengenal lebih jauh tentang seluk beluk bahasa inggris.

Kami mengimpun berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran atau penerapan bahasa inggris. Kali ini kita akan coba membahas tentang Sedang Mengajar, atau Sedang Dikejar Anjing?. Tertarik untuk mengetahuinya? Jika demikian adanya, maka tidak ada salahnya jika Anda melanjutkan membaca artikel ini hingga selesai supaya bisa memahami dengan baik. Baiklah tidak usah berlama-lama yuk langsung kita simak saja ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Lengkap Sedang Mengajar, atau Sedang Dikejar Anjing?

Mengajar bukanlah pekerjaan yang mudah, adalah sulit memberikan pemahaman kepada siswa terhadap materi yang diberikan. Diperlukan kesabaran agar mereka paham secara menyeluruh. Pengalaman saya mengajar selama 2.5 bulan di sebuah SMP menuai satu buah kesimpulan, ternyata apa yang saya lakukan selama ini terlalu terburu-buru.

Saya, sebagai seorang guru seperti sedang diberikan target kemudian harus mencapainya. Entah bagaimana caranya. Oke, mungkin saya bisa mencapai target materi, tetapi bagaimana dengan siswa yang saya ajarkan? I don’t know!

Ternyata, banyak siswa yang belum paham materi dasar, namun sudah dilanjutkan ke materi yang lebih sulit. Ibarat sebuah rumah, mereka belum mempunyai fondasi yang baik namun sudah dibebani tumpukan bata bangunan. Tentu saja rumah tersebut tidak akan terbangun dengan baik bukan?

Saya kemudian berpikir bagaimana jika kita mengajar tanpa mengikuti alur kurikulum. Ada rasa tidak tega apabila siswa belum mampu memahami sebuah materi dengan baik, kemudian diberikan gelombang materi yang jauh lebih besar. Mereka menderita? Sudah pasti.

Sebagai contoh, minggu lalu saya mengajar mengenai pembuatan kalimat simple past tense. Dalam satu pertemuan tentu siswa belum mampu menguasai secara penuh materi tersebut. Kendati demikian, guru pembimbing saya sudah memberikan target, bahwa pertemuan selanjutnya mereka harus dikenalkan pada recount text. It’s like chased by a dog!!

Waktu itu, saya tidak mengambil target yang dia berikan, pilihan materi jatuh pada pembuatan kalimat positif, negatif, dan pertanyaan. Saya sudah menyesal dengan keputusan-keputusan pengejaran target materi, dan saat itu saya hanya ingin memberikan mereka pemahaman menyeluruh sebelum melanjutkan ke materi yang jauh lebih sulit.

 

Guru-guru Indonesia, saya menyarankan ikutilah kemampuan dan pemahaman siswa. Apabila kita semua egois mengikuti kejaran materi tanpa terlalu memperdulikan siswa, maka tersiksalah siswa-siswa kita. 🙂

 

Salam

 

@AchmadWibawa

Demikian ulasan mengenai Sedang Mengajar, atau Sedang Dikejar Anjing? yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Kami harap uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs mentorbahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Post a Comment for "Sedang Mengajar, atau Sedang Dikejar Anjing? ~ MBI"